Rabu, 24 Oktober 2012

HARDWARE


Unit Masukan ( Input Device )


          Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
 Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
          Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
      Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. 
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
·         typewriter key
·         numeric key
·         function key
·         special function key.

      
 Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.




Touchpad
     
      Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


Light Pen


Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.




Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.




Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.


Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
  



Itu tadi sebagian contoh macam- macam input device, namun masih banyak input device lain yg belum saya jabarkan.




PROCES DEVICE

  MENGENAL CPU
CPU adalah singakatan (Central Processing Unit) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat, CPU merupakan bagian terpenting dari seubuah computer, karena semua aktifitas dikendalikan oleh bagian ini dan bagian ini serin disebut kecerdasan computer atau OTAKNYA computer.
   FUNGSI
CPU adalah perankgakat computer yang menerima berbagai input dan kemudian menghasilkan output tertentu. Kebanyakan computer mampu melaksanakan beberapa perintah dalam waktu satu detik. Dan sekarang ini computer mampu melaksanakan perintah dalam kecepatan cahaya, Dan bias melakukan perintah satu milyar per detik.
 
   BAGIAN BAGIAN CPU
terdiri atas tiga komponen, yaitu:

Control  Unit (CU)
Bertugas sebagai pusat dari pengendalian komputer yaitu mengambil berbagai data dan instruksi dari memori untuk diproses, menyeleksi instruksi yang berhubungan dengan fungsi logika dan aritmetika dan mengirimkannya ke bagian ALU untuk diproses, mengawasi kerja ALU, mengatur alat-alat  input dan output, dan membawa kembali hasil (output) pemrosesan ke memori utama.


ALU (Arithmetic and Logical Unit)
Bagian CPU ini merupakan salah satu bagian terpenting yang berfungsi melakukan proses perhitungan aritmatika dan logika sesuai dengan instruksi program.  
  Register
Adalah bagian CPU yang berfungsi sebagai memori tempat penyimpanan data atau instruksi yang akan diproses.
  


   MENGENAL PERANGKAT KERAS DALAM CPU
Perangkat keras dalam computer merupakan bagian terpenting dalam computer yang menjalangkan fungsi da perintah perintah atau fungsi CPU yang di bahas tadi. Bagin bagian ini terdiri dari:
 
1.      Power Supply
Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponendalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. 

 Jenis Power Supply
Power Supply jenis AT
Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9).
 Power Supply jenis ATX
Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.
 
 
   MENGENAL MATHERBOARD

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalamsistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untukprocessor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.

    Fungsi Motherboard
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
-          Organisasi, mengatur dan menentukan alat (peripheral ) yang bisa dipasang pada computer
-           Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsimengatur data komponen komputer lain.
-           Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard.

I  istilah istilah pada Motherboard
·         BIOS
·         Bus
·         Clock Speed
·         FSB
·         Heatsink
·         Overclocking

P  pengertian Chipset Motherboard
Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini 
mengkoordinasikan hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. 
Biasanya terdapat 2 chipset di Motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge.


      MENGENAL PROSESSOR
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
 
P   PENGERTIAN MEMORY
RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data.
RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.
Jenis-jenis RAM:
DRAM (Dynamic Random Access Memory)
SRAM (Static Random Access Memory)
EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
  

Perbedaan RAM dan ROM
Read Only Memory (ROM), berfungsi untuk menyimpan pelbagai program yang berasal dari pabrik komputer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read Only Memory), maka program yang tersimpan didalam ROM, hanya bisa dibaca oleh parapemakai.
 Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.

harddisk
 Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.
JENIS-JENIS HARDDISK
1. Disk ATA / EIDE
2. Disk SCSI
3. Disk RAID
4. Disk SATA
5.  SATA


VGA
PENGERTIAN VGA
VGA (Video Graphics Array/Adapter) merupakan suatu alat pada komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar atau grafis ke monitor,VGA juga merupakan penghubung antara prosesor dengan monitor.
Jenis - jenis VGA
 Ada 2 jenis VGA yaitu :
1.AGP (Accelerated Graphics Port)
2.PCI (Peripheral Component Interconnect)

perbedaan VGA OnBoard dengan VGA AddOn
VGA OnBoard sudah terintegrasi dengan motherboardnya sehingga dipastikan tidak akan terjadi masalah ketidaksesuaian antara motherboard dan VGA,lalu VGA OnBoard tidak memiliki memory sendiri,kemudian Kinerja VGA OnBoard relatif lebih rendah.Sedangkan pada VGA AddOn tidak terintegrasi dengan motherboardnya sehingga ada kemungkinan terjadi masalah ketidaksesuaian antara motherboard dan VGA,lalu VGA AddOn memiliki memory sendiri,kemudian Kinerja VGA AddOn relatif lebih tinggi dari VGA OnBoard.

SOUND CARD
PENGERTIAN SOUND CARD
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

LAN CARD
PENGERTIAN LAN CARD
Kartu jaringan (inggris : Network Interface Card disingkat NIC atau juga Network Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. NIC bersifat FISIK
  2. NIC bersifat LOGIS

CD-ROM
PENGERTIAN CD-ROM

CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI.
Fungsi CD ROM
Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

Macam-macam CD-ROM DRIVE dan DVD ROM DRIVE
CD ROM DRIVE R
CD ROM DRIVE RW
DVD ROM DRIVE R
DVD ROM COMBO DRIVE
DVD ROM RW DRIVE













0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright RENDI WIDI LESTARI 2010.
Converted To Blogger Template by Anshul .