Senin, 01 Oktober 2012

PENGERTIAN SOFTWARE


Pengertian software secara harfiah adalah piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam di atas kaset atau compact disc (CD), data di atas kertas , serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam sebuah buku.

 Fungsi Software
 
Fungsi software secara garis besar adalah :
  • Mengidentifikasi program,
  • Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol,
  • Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

Macam-Macam Software
  1. Operating System
Sistem operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang bertanggung jawab untuk mengendalikan langsung dan mengelola perangkat keras dan pengoperasian dasar sistem, termasuk juga menjalankan bermacam aplikasi di atasnya misalnya pengolah kata atau perambah website. Secara umum,Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  3. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  4. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
  5.  Jenis-jenis Operating System
  •  Microsoft Windows
Microsoft windows adalah suatu sistem operasi yang di kembangkan oleh perusahaan Microsoft.Inc  yang dimiliki oleh bill gates  dan merupakan sistem operasi dengan pengguna terbesar di dunia
  • Linux
Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk computer, Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi.
  • Mac OS
Mac OS ialah Sistem Operasi yang di kembangkan oleh perusahaan Apple.Inc dan peruntukkan khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.

    2. Aplikasi system
  • Microsoft word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. fungsi microsoft word adalah untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah, Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
  • Dekstop publishing
Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Penerbitan dokumen Desktop mungkin untuk desktop atau percetakan komersial atau distribusi elektronik termasuk PDF, menunjukkan slide, newsletter email, dan situs web.
  • DBMS (Database Management System)
Basis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diaorganisasikan sesuai struktur tertentu dan disimpan dengan baik.  Untuk mendapatkan informasi yang berguna dari kumpulan data maka diperlukan suatu perangkat lunak (software) untuk memanipulasi data sehingga mendapatkan informasi yang berguna. Database Manajement System (DBMS) merupakan software yang digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi.
  •  Software Akuntansi
Pengertian Software Akuntansi adalah perangkat lunak (software) yang dibuat untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (Account payable), penjualan (Account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Software ini bisa merupakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ketiga yang menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya.
  •  Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
  •  Multimedia 
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
  • GAME
Game komputer merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik, metodeanimasi dan imajinasi dari pembuatnya. Dalam hal ini game memiliki berbagai jenis yang biasa dimainkan anak sekarang, ada game jenis RTS (real time strategy) atau disebut game strategi, FPS (first person shooter) atau disebutgame tembak menembak, game action, dan lain-lain sebagainya yang manfaatnya hanya untuk kesenangan semata.
  • ANTI VIRUS
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut jugaVirus Protection Software.
Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network Corporate User.
Antivirus berdasarkan cara memperolehnya 1. Free antivirus  : anti virus yang diperoleh secara gratis 2. Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu 3. Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi 4. Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli

    3. BAHASA PEMOGRAMAN

Pemrograman Berorientasi Objek atau dalam bahasa Inggris Object-Oriented Programming dan disingkat OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

1. Kelas
Kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing.

2. Objek
Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
 
3. Abstraksi
Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.

4. Enkapsulasi
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.

5. Polimorfisme
Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan, metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim.

6. Inheritas
Mengatur polimorfisme dan enkapsulasi dengan mengijinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis khusus dari objek yang sudah ada - objek-objek ini dapat membagi (dan memperluas) perilaku mereka tanpa haru mengimplementasi ulang perilaku tersebut (bahasa berbasis-objek tidak selalu memiliki inheritas.)Contoh Bahasa Pemrograman Terstruktur
1. COBOL (Common Busines Oriented Language).
2. FORTRAN(FORmula TRANslator).
3. BASIC (Beginner All Purpose Symbolic Interchange Code).
4. Pascal (Dinamakan untuk menghormati Blaise Pascal)
5. Ada (Dinamakan untuk menghormati Ada Lovelace)
6. Bahasa C

   4. Utilities

Software Utility merupakan software khusus yang dirancang untuk membantu anda guna menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan, memelihara dan menjaga kesehatan Laptop atau PC anda.
Jadi, Software Utility ini merupakan software wajib yang harus anda install pada Laptop ataupun PC kesayangan anda. Berikut ini akan kami uraiakan 8 Software Utility terbaik.
  • Systemsuite
SystemSuite dari Avanquest mengatasi stress dan kebingungan untuk menjaga Laptop/PC kita agar berjalan dengan lancar dan merupakan salah satu Software utilitas sistem yang terbaik. Software utilitas memiliki banyak hal yang kompleks dari perbaikan registry untuk enkripsi dan optimasi sistem, SystemSuite adalah Software yang mudah untuk digunakan. Software ini memiliki hampir semua fitur yang diperlukan untuk menjaga dan mengoptimalkan kinerja komputer kita.
Berikut ini ada fitur-fitur yang ada pada SystemSuite :
  1. One-Click PC Maintenance
  2. Diagnose and Fix Windows Problems
  3. Speed Up PC Performance
  4. Hardware Diagnostic Tests
  5. Registry Repair and Maintenance
  6. Active Intelligence
  7. System Optimizer
  8. Windows Optimizer
  9. Memory Optimizer
  10. Internet Speed Optimizer
  11. Credit Card Transaction Security
  12. Securely encrypts and stores:
  13. Two-way Personal Firewall
  14. Fraud and Phishing Scam Prevention
  15. Internet Cleanup
  16. Windows Rescue CD
  17. Recover Lost Photos, Music and Data
  18. Securely Erase Your Data
  • TuneUpUtilities
TuneUp Utilities dari TuneUp Software GmbH, Software ini mudah di gunakan. TuneUp Utilities memiliki berbagai tool untuk keperluan utilitas pada komputer. Software ini merupakan salah satu yang terbaik dan salah satu utilitas
sistem yang paling lengkap.

Sekarang kita lanjut dengan fitur-fitur yang tersedia pada TuneUp Utilities :
  1. TuneUp 1-Click Maintenance
  2. TuneUp Disk Doctor
  3. TuneUp Disk Space Explorer
  4. TuneUp Drive Defrag
  5. TuneUp Gain Disk Space
  6. TuneUp Live Optimization
  7. TuneUp Optimization Report
  8. TuneUp Process Manager
  9. TuneUp Program Deactivator
  10. TuneUp Registry Cleaner
  11. TuneUp Registry Defrag
  12. TuneUp Registry Editor
  13. TuneUp Repair Wizard
  14. TuneUp Rescue Center
  15. TuneUp Shortcut Cleaner
  16. TuneUp Shredder
  17. TuneUp StartUp Manager
  18. TuneUp StartUp Optimizer
  19. TuneUp Styler
  20. TuneUp System Control
  21. TuneUp System Information
  22. TuneUp Undelete
  23. TuneUp Uninstall Manager
  24. TuneUp Update Wizard
  • .BoostSpeed
Auslogics BoostSpeed adalah program yang sedang naik duan di jajaran Software Utility. Antarmuka/ GUI di pada software ini sedikit aneh karena Anda harus menavigasi melalui empat tab (dari kanan ke kiri bukan kiri ke kanan,) tapi hal ini bukan suatu masalah yang akan mengurangi kemampuan program ini. Auslogics BoostSpeed mampu melakukan banyak hal dan mudah untuk digunakan. Software ini dipecah menjadi empat bagian terpisah: Resource Usage, System Advisor and System Scan.

Berikut ini ada fitur-fitur yang ada pada BoostSpeed :
  1. System Scan → 1 click tweak.
  2. File Recovery → Recovery file-file yang rusak.
  3. Disk Doctor → Memeriksa hardisk.
  4. Disk Explorer → Melacak penggunaan kapasitas Hardisk.
  5. Disk Defrag → Hardisk Defragment.
  6. Disk Cleaner → Menghapus file-file yang tidak dibutuhkan oleh komputer.
  7. Internet Optimizer → Optimasi koneksi internet.
  8. Track Eraser → Menghapus jejak pada saat surfing (cookies, cache, history, dll).
  9. File Shredder → Menghapus file secara permanent.
  10. Startup Manager → Monitor aplikasi yang berjalan pada saat sistem berjalan.
  11. Service Manager → Monitor Service yang berjalan.
  12. System Information → Memberikan Informasi Mengenai sistem operasi dan hardware.
  13. Registry Defrag → Registry Defragment.
  14. Registry Cleaner → Menghapus key-key pada registry yang tidak valid.
  15. Tweak Manager → Optimasi Manager.
  16. Duplicate File Finder → Mencari file-file duplikat.
  17. Disk Wiper → Hampir sama dengan Disk Cleaner.
  18. Uninstall Manager → Uninstall program sampai ke akar-akarnya.
  19. Task Manager → sama dengan Task Manager bawaan window.
  20. Rescue Center → Merestore sistem jika pada saat optimasi terjadi masalah.
  •  SystemMechanicProfessional (SMP)
System Mechanic dari iolo Technologies LLC memiliki banyak fitur yang hebat dan dukungan yang sangat baik. Sistem utilitas ini adalah sistem suite utilitas yang kuat. Namun disamping fitur-fitur yang canggih, software ini terbentur dengan kemudahan dalam pengoprasian program ini. Ada beberapa fitur yang tidak bekerja dengan baik dan lain-lain dimuat terlalu lambat. Dalam kompetisi memulihkan kembali komputer yang lambat, pengguna tidak mau direpotkan dengan masalah-masalah seperti penggunaan sebuah software Utilitas (Daripada Software susah untuk dioperasikan mendingan cari aja yang laen yang lebih mudah digunakan).

fitur-fitur yang tersedia pada System Mechanic Professional :
  1. Program Accelerator → Mempercepat respon program secara keseluruhan dengan kembali menyelaraskan semua file yang diperlukan oleh sebuah program pada hard drive.
  2. CRUDD Remover → Membantu mengidentifikasi dan menghilangkan duplikasi program yang menyumbat sistem.
  3. Internet Connection Repair → Optimasi koneksi internet
  4. Secure Online Backup → Backup data online
  5. Tune-up Definitions
  6. DriveAccelerator → Disk Defrag
  7. EnergyBooster → Meningkatkan kecepatan atau kinerja komputer dengan mematikan lbackground program yang tidak terpakai.
  8. Total Registry Revitalizer → Repair, compact, defragment, and backup registry pada windows.
  9. Incinerator® for Recycle Bin → Menghapus file secara permanen pada recycle bin.
  10. System Mechanic Jump List → Semacam GUI pada system tray.
  11. PC Health Status Gadget → Semacam Gadget yang menampilkan Status optimasi pada komputer
  12. Startup Optimizer → Managemen Program yang berjalan pada saat awal windows berjalan
  13. Memory Mechanic → Defragments RAM.
  14. Privacy Cleaner → Menghapus Trace ketika surfing internet.
  15. Registry Tuner → Optimasi Registry.
  16. All-in-one PC Cleanup PowerTool ? Berbagai macam tool untuk keperluan optimasi sistem. 
  • Advanced System Optimizer (ASO) 
Advanced System Optimizer dari Systweak adalah salah satu sistem utilitas terbaik di pasar saat ini. Sejauh ini saya pribadi sulit untuk menemukan satu software utility yang memiliki banyak fitur-fitur yang berguna untuk Optimasi sistem secara efektif sebanyak Advanced System Optimizer. Sementara beberapa utilitas sistem mungkin memiliki lebih banyak fitur, Advanced System Optimizer lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Yang mengarah pada Advanced System Optimizer juga menjadi salah satu utilitas PC paling mudah untuk digunakan karena kita tidak perlu memilah-milah 
 
Fitur lain yang tidak kalah penting adalah Driver Updater, yang secara otomatis mencari, download, dan menginstal semua update penting dan driver. Advanced System Optimizer menjaga sistem kita tetap up to date dengan patch terbaru dan update keamanan pada sistem. Sekarang Langsung saja ke list feature yang ada pada Advanced System Optimizer :
  1. Smart PC Care
  2. Driver Updater
  3. System Protector
  4. Disk Tools
  5. Backup Manager
  6. PC Fixer
  7. Disk Optimizer
  8. Undelete
  9. Secure Encryptor
  10. Registry Cleaner
  11. Registry Optimizer
  12. System Cleaner
  13. Disk Explorer
  14. Uninstall Manager
  15. Memory Optimizer
  16. Privacy Protector
  17. Secure Delete
  18. System File Backup & Restore
  19. System & Security Advisor
  20. Duplicate Files Remover
  21. Startup Manager
  22. Game Optimize
  • .AdvancedSystemCare
Advanced SystemCare Pro salah satu utilities jajaran terbaik dari sekian banyak utilities yang ada saat ini. Banyak fitur dan tools yang terdapat pada Advanced SystemCare Pro dengan fungsi yang berbeda-beda sehingga dengan mudah bagi user dalam dalam memilih apa yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan komputer. Selain itu Advanced SystemCare Pro 4 sudah menbasut technologi dan engine terbaru sehingga dalam mengoptimalkan sistem komputer benar-benar sangat terlihat hasilnya.
Features Advanced SystemCare Pro:
  1. Designed for the latest Windows system environment. Gives your PC better speed and reliability.
  2. Powerful Hard Drive Defrag and Optimization.
  3. Next-generation Registry Deep Clean and Optimization.
  4. Automated Working in the Background.
  5. Defends PC Security with Extra Protection.
  6. Quick and Extensive Clean-up for Hard Drives.
  7. Keeps Your PC Running at Peak Performance.
  8. Fixes Multiple System Errors.
  • RegistryCleaner
Penyebab komputer menjadi lambat seringkali disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya disebabkan oleh sisa-sisa registry yang sudah tidak terpakai. Beberapa tools utilities untuk registry cleaner, banyak yang kesulitan/belum mampu mendeteksi secara keseluruhan pada sistem registry komputer. Kesalahan mendeteksi sebagai registry yang usang juga sering ditemui, ujung-ujungnya komputer sering hang karena salah mendeteksi dan menghapus dari sebuah registry. Dengan software bernama Registry Cleaner 2010 v4.0.0.0 ini, mungkin kita akan sedikit terbantu dengan mengidentifikasi masalah dan memperbaiki kesalahan komputer, meningkatkan kecepatan dan kinerja, serta mencegah komputer crash/hang.



SEKIAN SEDIKIT PENGAETAHUAN YG DAPAT SAYA BAGI DENGAN PARA PEMBACA SEKALIAN SEMOGA DAPAT BERMANFAT DAN  BERGUNA BAGI PARA PEMBACA.

Sumber-sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/microsoft_windows
http://sidomi.com/68975/sejarah-mac-os-dari-masa-ke-masa/
http://bungpete.wordpress.com/2012/03/06/sejarah-mac-os/
http://sobatpc.com/sejarah-windows-sampai-dengan-versi-terakhir/
http://id.wikipedia.org/wiki/windows_8
www.google.com/ ajihado.wordpress.com/pengertian-os
http://aripcupid.blog.ugm.ac.id/2010/09/21/kelebihan-kelemahan-sistem-operasi-windows-linux-dan-machintosh/
http://id.wikipedia.org/wiki/mac_os
http://www.javacreativity.com/2011/11/8-software-utility-terbaik-yang-akan.html
http://kelincibebek.wordpress.com/2011/05/23/pengertian-dan-fungsi-software/
http://naughtyric.blogspot.com/2012/01/pengertian-dan-konsep-dasar-pemrograman.html#ixzz277Uo8qUr
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright RENDI WIDI LESTARI 2010.
Converted To Blogger Template by Anshul .