Minggu, 13 Januari 2013

Hacker

Pengertian hacker
banyak bermacam-macam pengertian tentang hacker : 

1.menurut orang awam( orang yang kurang mengerti tentang ilmu komputer) hacker berarti orang yang merusak sebuah sistem.
Hacker adalah orang yang mencuri data milik orang lain melalui jaringan internet.
Hacker adalah mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.

2.Menurut orang yang pengetahuan tentang komputernya menengah(middle IT)
hacker berarti Sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan memberikannya dengan orang-orang diinternet.


3.Sedangkan orang yang memiliki kemampuan tentang IT kelas atas (high IT)
Hacker adalah Hacker merupakan golongan profesional komputer atau IT, mereka boleh terdiri daripada jurutera komputer, pengaturcara dan sebagainya yang memiliki pengetahuan tinggi dalam sesuatu sistem komputer. Hacker mempunyai minat serta pengetahuan yang mendalam dalam dunia IT sehingga berkeupayaan untuk mengenal pasti kelemahan sesutu sistem dengan melakukan uji cuba terhadap sesuatu sistem itu. Namun, para hacker tidak akan melakukan sebarang kero\usakkan terhadap sesuatu sistem itu dan ia adalah merupakan etika seorang hacker.







Jenis hacker
hacker di bagi menjadi 2 jenis yaitu :


1.White Hat Hacker
Istilah dalam bahasa inggris White hat yaitu: memfokuskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

2.Black Hat Hacker
Istilah dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.


Keuntungan dari HACKER adalah :
Dapat merambah ke berbagai tempat
Dapat melakukan pemograman, tidak hanya teori
Dapat cepat belajar pemograman


Kerugian dari HACKER adalah :
Sombong
Dapat mencuri password
Merusak sistem orang


para hacker juga mempunyai sisi positif yaitu hacker mampu menyempurnakan sebuah sistem.


Contoh hacker kelas dunia antara lain :


1.Kevin Mitnick



Dalam usia 16 tahun, Kevin sudah membobol sistem komputer Digital Equipment Corporation dan Pacific Bell. Kemudian aksinya semakin menjadi-jadi dan diketahui membobol jaringan perusahaan besar termasuk Motorola, NEC Corporation, Sun Microsystems dan Fujitsu Siemens.


2.Gary Mckinnon

Lelaki kelahiran Skotlandia ini terkenal karena mampu menjebol jaringan komputer NASA dan Pentagon. Aksinya disebut-sebut sebagai hack militer terbesar yang pernah ada. McKinnon dituduh menjebol 97 komputer milik NASA dan Pentagon pada tahun 2001 dan 2002 sehingga disebut-sebut sebagai hacker paling berbahaya di dunia.






 


3.Raphael Gray

Raphael baru berumur 19 tahun ketika menghack sistem komputer di seluruh dunia selama enam minggu untuk mendapatkan informasi kartu kredit. Ia mempublikasikan sekitar 6.500 kartu kredit sebagai bukti lemahnya sistem.

 


4.Adrian Lamo

Dia populer setelah keahlian di bidang hacking membuatnya mampu menyusup ke jaringan komputer perusahaan terkemuka seperti New York Times, Yahoo, bahkan juga Microsoft. FBI melacak aksinya setelah dilapori New York Times.

 


5.Jonathan James


Jonathan biasa juga dikenal dengan nama comrade. Pada usia masih 15 tahun, dia sudah coba-coba membobol jaringan komputer di beberapa sekolah.
Namanya menjulang setelah mampu membobol komputer Defense Threat Reduction Agency, salah satu divisi dari Departemen Pertahanan AS. Dia mampu mengintersep ribuan pesan dari para pekerja di departemen tersebut. James juga pernah mencuri software NASA.



6.Robert Tappan Morris

Robert adalah profesor di Massachusetts Institute of Technology. Dia dikenal luas karena dianggap sebagai penemu pertama computer worm di internet dengan ciptaannya yang dinamakan Morris Worm.
Sejatinya, tujuan dibuatnya worm tersebut bukan untuk niat jahat. Namun karena konfigurasinya, ia menimbulkan kerusakan yang tidak sedikit dan membuat kerugian ratusan juta di sistem yang terinfeksi.
Sumber :
http://roniamardi.wordpress.com/definisi-hacker-cracker/
http://parkirgratis.net/6-hacker-kelas-dunia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright RENDI WIDI LESTARI 2010.
Converted To Blogger Template by Anshul .